Sabtu, 30 Maret 2013

BAB I : KONSEPSI DASAR KEWIRAUSAHAAN



Mengapa semakin banyak dibutuhkan wirausahaan baru ?

Mungkin hanya sebagian kecil saja yang tertarik untuk terjun menjadi seorang pengusaha, meskipun kadang kalanya menjadi seorang pengusaha dapat menjanjikan masa depan yang cemerlang. Dan mengapa semakin banyak dibutuhkan wirausahaan baru ? karena menjadi wirausahaan pada saat ini sangatlah diperlukan, tidak hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi yang lebih penting adalah untuk dapat mengabdi kepada nusa dan bangsa dan dapat membuat lapangan pekerjaan bagi orang lain.

SUKSES MEMBUTUHKAN KERJA KERAS

Tidak ada keberhasilan tanpa adanya kerja keras, apapun yang kita kerjakan tanpa adanya kerja keras tidak akan membuahkan hasil. Semakin sering kita mengasah diri menjadi pengusaha, maka semakin besar peluang kita untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Jika kita menginginkan diri kita untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses,maka usaha apapun yang kita akan jalani dapat kita lakukan dengan mudah apabila kita memiliki landasan yang kuat berupa pengalaman, pola pikir, kemampuan dan cara mengelola sesuatu dengan baik, serta dapat memotivasi diri dengan kuat untuk dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses. Semakin sering kita untuk mencoba, maka peluang keberhasilan pun akan mudah kita capai. Seorang pengusaha yang dapat dikatakan sukses adalah ketika mereka dapat menemukan inovasi baru, pengemasan, dan promosi yang dia lakukan dengan sangat baik. Wirausahawan membutuhkan kemauan dan tujuan yang jelas apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara kita untuk mencapainya.

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

Wirausahaan adalah seseorang yang menciptakan sebuah inovasi baru, menciptakan usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan resiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan sumber daya yang diperlukan.

KEUNTUNGAN MENJADI SEORANG WIRAUSAHAWAN

Keuntungan menjadi seorang wirausahawan adalah mempunyai kemampuan dalam mengatur waktu sehingga tidak bergantung pada ketentuan jam kantor, dapat mengatur kondisi usaha sendiri, dapat menentukan aturan main dalam usaha sendiri dengan hati-hati dan sesuai dengan karakter diri dan pekerjaan, serta dapat merasakan masa-masa dimana saat usaha mengalami kenaikan bahkan ketika saat usaha sedang mengalami penurunan.

Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar