Senin, 08 April 2013

KONSEPSI DASAR KEWIRAUSAHAAN

Kerangka pengembangan kewirausahaan di indonesia dapat dilakukan dengan beberap strategi sebagai berikut :
  1. memperbaiki pendidikan kewirausahaan, yaitu sistem pendidikan kewirausahaan yang menyebar dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi (universitas) dan melakukan kerja sama dengan dunia industri melalui kegiatan magang kewirausahaan.
  2. menyediakan prasarana yang tidak terbatas hanya pada transportasi dan komunikasi, melainkan juga infrastruktur pendidikan, baik formal maupun nonformal.
  3. menyediakan informasi seluas-luasnya bagi wirausahawan yang berada pada tahapan start-up melalui layanan internet.
  4. membuka akses selebar-lebarnya dalam pendanaan terutama bagi UKM.
  5. membuat program komunikasi dan inisiatif bagi kewirausahaan.
  6. menetapkan di bidang-bidang yang mudah di masuki oleh wirausahawan baru serta mendorong wirausawan yang suksesdi bidang industri manufaktur.
semua strategi diatas perlu diterapkan secara terpadu, sistemtatis, dan berkelanjutan sehingga di masa mendatang diharapkan sebagian besar penduduk di indonesia menjadi wirausahawan yang sukses.
pada akhirnya keberhasilan bangsa Indonesia dalam menciptakan sumber pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bergantung pada keberhasilan memberi kesadaran kepada lebih banyak orang agar tergarak hatinya untuk memiliki kewirausahaan sebagai salah satu pilihan yang tepat dalam melakukan aktivitas kehidupannya.

Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar